FREE DOWNLOAD Bumi itu bulat >> HERE

FREE DOWNLOAD Rotasi Bumi >> HERE!!

 

Sewaktu SD, kita diberitahu bahwa bumi berbentuk bulat bahkan sampai sekarangpun banyak orang menyebut bahwa bumi adalah bulat. Tapi sebenarnya dari hasil penelitian dan hitungan para ahli, bumi sebagai planet kita tidaklah berbentuk bulat sempurna, melainkan berbentuk elipsoid. Bentuknya lonjong seperti telur dengan diameter lebih panjang pada arah melintang dibandingkan pada arah vertikal, seperti gambar di bawah ini.

bentuk elips bumi (www.kartografie.nl/geometrics/re...body.htm)

Kutub di bagian atas dan bawah planet bumi lebih pepat sedangkan equator di tengah bumi lebih menggelembung. Pemapatan dan penggelembungan ini disebabkan karena adanya gaya sentrifugal akibat perputaran bumi pada porosnya dengan sumbu perputaran pada arah garis yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. Sedangkan arah rotasi bumipun tidaklah tepat vertikal, melainkan miring dengan sudut sebesar 23,5 derajat, seperti gambar di bawah ini.

kemiringan sudut rotasi bumi (akutunggu.blogspot.com/2009_12_0...ive.html)

Karena kemiringan rotasi inilah, dikenal istilah Solstice, yang berasal dari bahasa Latin, Sol (sun) dan Sistere (to stand still), yang berarti posisi matahari terlihat paling dekat dan jelas dari bumi. Ketika terjadi summer solstice di bumi belahan utara, maka sebaliknya akan terjadi winter solstice di belahan bumi selatan. Karena posisi bumi yang lebih condong ke matahari pada solstice, maka panas dan cahaya yang diterima pun lebih banyak, sehingga temperatur pun akan cenderung naik dibandingkan hari-hari biasa. Yang paling menarik, kita bisa melihat matahari tengah malam atau yang dikenal dengan istilah midnight sun di daerah yang mengalami summer solstice.

midnight sun (www.absoluteastronomy.com/topics...ight_sun)

Selain beberapa keadaan terkait bumi kita di atas, masih ada satu lagi hasil penelitian dari para ahli tentang bentuk bumi, yaitu bumi kita tidaklah sehalus seperti yang terpotret dari ruang angkasa, melainkan penuh bopeng dan tidak teratur seperti gambar di bawah ini.

bentuk geoid bumi (spacespin.org/article.php/90340-...hes-goce)

Bentuk bumi yang seperti inilah yang disebut dengan istilah geoid. Geoid ini diukur berdasarkan nilai gaya berat atau umumnya dikenal dengan istilah gaya gravitasi yang diketemukan oleh bapak Newton. Ternyata nilai gravitasi di satu wilayah tidak sama dengan wilayah yang lain. Nilai gravitasi di wilayah equator berbeda dengan nilai gravitasi di wilayah kutub, hal inilah yang menjadi dasar perhitungan para ahli untuk mengukur bentuk bumi yang sebenarnya.

Semoga sedikit tulisan ini tidak malah menjadikan teman-teman Kompasianer menjadi bingung tentang bentuk bumi kita tercinta. Untuk memudahkan secara umum, memang disebutkan bahwa bentuk bumi kita adalah bulat.

Source : http://edukasi.kompasiana.com/2010/05/10/apakah-bumi-kita-bulat/

About these ads